Tips Penting untuk Wisatawan yang Ingin Berlibur ke Gunung Bromo

Panorama wisata Gunung Bromo yang terletak di Kabupaten Probolinggo kerap menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara meskipun gunung tersebut masih aktif bererupsi.

Saat pagi menjelang, Anda bisa menyaksikan matahari terbit di balik kekokohan gunung yang masih sering menyemburkan abu vulkanik itu. Menuju petang wisatawan juga akan disuguhkan panorama matahari tenggelam jika cuaca sedang cerah.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memutuskan berwisata di Gunung Bromo. Berikut tipsnya:

1. Pakai masker dan kacamata Seperti diketahui, Gunung Bromo merupakan gunung api aktif yang melemparkan abu vulkanik dan gas belerang ke udara.

Material gunung api ini dapat mengganggu kesehatan wisatawan yang berkunjung. Terlebih untuk wisatawan yang memiliki riwayat penyakit seperti asma dan gangguan pernapasan lainnya tentu sangat membahayakan.

Untuk itu, Anda yang ingin bertolak ke sini perlu menggunakan masker guna melindungi diri dari masalah kesehatan pernapasan.

Lindungi juga mata Anda dari abu vulkanik dengan kacamata hitam agar berwisata bisa tetap nyaman dan aman.

2. Pastikan jarak aman Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) biasanya menetapkan jarak radius aman orang yang berkunjung ke gunung api.

Untuk kawasan Gunung Bromo, PVMBG saat ini mengimbau warga dan wisatawan untuk tidak mendekat satu kilometer dari pusat kawah Gunung Bromo. Di luar area tersebut, wisatawan dan warga bisa melakukan aktifitas normal.

Hendaknya aturan ini dipatuhi oleh wisatawan untuk kepentingan kesehatan dan keselamatan.

3. Nikmati pemandangan dari jarak jauh Jika Anda mengunjungi Gunung Bromo untuk sekadar menikmati pemandangannya, sebagai antisipasi, nikmatilah pemandangan tersebut dari jarak jauh.

error: Content is protected !!
WhatsApp For more information, please contact Us!